Pro Kontra Jakarta Dapat Award Sebagai Kota Terbaik Dunia Dalam Transportasi. Apa Opini Warga?

Jakarta Terpilih sebagai Kota Terbaik dalam Kemajuan Transportasi. DKI Jakarta terpilih sebagai kota terbaik di dunia dalam Sustainable Transport Award (STA) 2021. Penghargaan tersebut diberikan kepada kota yang maju di sistem transportasipublik dan mobilitas sebuah kota. Penghargaan ini sepertnya masuk akal karena Jakarta sudah memiliki sarana transportasi umum seperti Bus Way (Trans Jakarta), Mode Raya Terpadu (Jakarta MRT), dan yang terbaru adalah LRT (Lintas Rel Terpadu). 

Sistem yang telah dibangun ini telah membaut warga Jakarta dan sekitarnya menikmati perjalanan dengan nyaman dan lebih cepat, baik untuk urusan bisnis, pekerjaan, silahturahmi dengan keluarga, dan berbagai aktivitas lainnya. 

Munculnya MRT dan LRT di Jakarta bisa dikatakan sebagai peristiwa yang revolusioner di bidang transportasi. Pada era Bang Yos atau Gubernur Sutiyoso membangun jalur Bus Way terpadu mendapat banyak pro kontra. Begitu pula ketika Jokowi mengeksekusi proyek MRT di Jakarta yang sebenarnya sudah ada blueprint nya sejak jaman Presiden Suharto. 

Aksi Jokowi saat memutuskan untuk membangun MRT memang bukan sekadar keberanian melainkan juga dibutuhkan sebuah visi yang menyeluruh ibarat digital camera yang memiliki lensa 360 derajat, sehingga pandangan pun lebih luas dengan jangkauan jauh ke masa depan. 

Ketika Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok membangun LRT warga sekitar Cibubur pun gembira menyambut sarana mirip MRT ini. Sebelumnya sudah ada LRT di Kelapa Gading. 


Yang baru di Jakarta ke arah Cibubur, Bogor kini terkoneksi berkat LRT yang dibangun di era Ahok Djarot (galajabar.pikiran-rakyat.com)

Sebuah kota sebesar Jakarta yang memiliki populasi tinggi apalagi berbatasan dengan beberapa kota lain seperti Bekasi, Tangerang dan Bogor pasti dibutuhkan sarana transportasi umum yang terintegrasi dengan daerah sekitarnya. 

Maklum lah ada jutaan warga Jabodetabek dan Bogor yang bekerja di Jakarta, sehingga mobilitas sangat tinggi. Meskipun sudah ada kereta api komuter, tentu tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan warga. 

Kemudian terdengar kabar gembira dalam masa jabatan Anies Baswedan, Jakarta mendapat penghargaan atau award sebagai kota terbaik di bidang transportasi bertajuk Sustainable Transport Award (STA) 2021.

Di antara pro dan kontra yang muncul, ternyata warga punya pendapat tersendiri tentang penghargaan tersebut yang bisa disaksikan pada tayangan berikut ini:


Bagaimana opini anda setelah menyaksikan tayangan tersebut? 

Comments

Trending Topic

Ternyata musik berdampak dahsyat pada kehidupanan manusia. Why?

Mengungkap Sejarah Pingpong dari Aspek Politik & Olahraga

Tips Indah & Sehat | Makan Prasmanan di Era Digital

Canon vs Nikon, between myth and reality

Olympus STYLUS SH-60 a great 48x Zoom with Super Resolution

Android rumors: Xiaomi Mi6 with 4K display and retina eye scanner

Canon EOS 7D Mark II vs Nikon D750 in a new competition

Canon EOS 800D VS Nikon D3400 a special review and comparison

Antara Menertawakan Diri Sendiri & Orang Lain

Nokia 8 is ready to usurp the throne in the world of smartphones